Minggu, 25 Januari 2015

Perkembangan dan Ragam Musik pada Musik Cina

1.    Perkembangan Musik
Bangsa Cina memiliki kekayaan budaya musikal yang telah tumbuh dan berkembang sejak dulu. Pada tahun 1999 ditemukan suling jiahu, instrumen musik tertua di dunia yang terbuat dari tulang yang dibuat kira kira pada 7000 tahun SM.
Selama lebih dari 2000 tahun, Cina dikuasai oleh pengajaran ahli filsafat Confusius yang percaya bahwa musik merupakan gambaran sosial budaya masyarakat dan peribadatan suatu agama yang dianut. Mereka beranggapan bahwa musik adalah suatu totalitas kegiatan terpelajar, meliputi berfikir, bertindak, dan mengatur.
Sekitar abad ke-19 tradisi musik Cina mulai terpengaruh tradisi musik eropa. Mereka mulai diperkenalkan instrumen musik barat, orkes simfoni, dan konser opera barat.

2.    Ragam Musik
Menurut perkembangannya, musik Cina dapat dikelompokkan menjadi 2 :
a.    Musik Tradisional
Musik tradisioal Cina secara mayoritas mempergunakan bahasa Cina, meliputi nyanyian rakyat, nyanyian bercerita, dan opera.
b.   Musik Modern
Pada permulaan abad ke-19, pengaruh musik eropa mulai masuk. Western Style Conversatories didirikan pada tahun 1920, dengan tujuan untuk melestarikan musik Cina dan musik Eropa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar