Minggu, 25 Januari 2015

Perkembangan dan Ragam Musik pada Musik Jepang

1.    Perkembangan Musik
Musik Jepang pada zaman dahulu sangat terpengaruh perkembangan musik dari daratan Cina dan semenanjung korea. Tetapi lama kelamaan mempunyai sifat dan ciri tersendiri. Ragam musiknya banyak digunakan di kuil kuil, untuk memuja dewa, di istana, dan untuk hiburan sosial.
Orkes gagaku ( musik Jepang masa lampau ) telah ada sejak abad ke-8. Orkes gagaku terdiri dari 17 musisi yang bermain instrumen tiup kayu, petik, dan perkusi.
Sekitar abad ke-15 musik instrumen tunggal, Shamisen dam Koto menjadi populer khususnya untuk memberikan iringan lagu dan drama musik.
Adanya restorasi Meiji pada pertengahan abad ke-18 membuat pengaruh barat mulai masuk dalam perkembangan musik Jepang. Banyak farmat musik tradisional Jepang dekembangan berdasarkan perkembangan musik barat, sehingga Jepang telah memasuki perkembangan musik modern.
2.    Ragam Musik
Musik Jepang dapat dikelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu :
a.    Musik Tradisional
Musik tradisional Jepang pada umumnya berbentuk musik  festival religius, nyanyian bekerja, dan pengiring tarian.
b.   Musik Modern

Musik modern Jepang dimulai pada tahun 1867, setelah Meiji menjadi Kaisar Jepang. Satu guru yang bertanggung jawab untuk mengenalkan gaya musik Eropa adalah Suzuki Shin’ichi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar