Minggu, 25 Januari 2015

Perkembangan dan Ragam Musik pada Musik India

1.    Perkembangan Musik
Perkembangan musik India dimulai kira kira semenjak abad ke-2 SM. Bangsa Arya yang bermigrasi ke India mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan musik di India. Musik bagi bangsa India mempunya arti tersendiri, yang sangat besar pengaruhnya pada magis, religious, kesusasteraan, ilmu, dan seni lainnya. Musik India adalah suatu mozaik dari gaya yang berbeda dan mencerminkan tingkat sosial yang berbeda pula.
2.    Ragam Musik
a.    Musik Klasik
Musik klasik India dapat diketahui dari dokumen Natya Shastra, suatu risalah drama berbahasa sansekerta yang ditulis kira kira abad ke-2 SM. Terdaat 2 tradisi klasih, yaitu Hindustani di India Utara dan Karnatik di India Selatan. Perbedaan tradisi ini terjadi mulai abad ke-16 sebagai hasil pengaruh orang islam di india utara.
b.   Musik Rakyat dan populer

Nyanyain para wanita banyak digunakan pada acara perkawinan, kelahiran bayi, festival Agrikultur, dan aktivitas rumah tangga. Sedangakn laki laki sering diiringi dengan Instrumen perkusi dan berhubungan dengan praktik yang bersifat kebaktian, festival, dan bekerja. Khusunya musik daerah, digunakan untuk upacara agama, kebaktian, pendidikan, dan pertunjukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar